Rabu, 28 Oktober 2009

KEKERASAN PADA TKI INDONESIA

Lembaga Swadaya Masyarakat yang mengurusi masalah ketenagakerjaan, Migrant Care, menilai terus berulangnya kasus kekerasan terhadap Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia tidak lepas dari lemahnya posisi tawar Pemerintah Indonesia dalam bernegosiasi dengan Pemerintah Malaysia. Hal ini diungkapkan LSM tersebut di Jakarta, baru-baru ini. Akibatnya, muncul usulan untuk menghentikan sementara pengiriman TKI ke Malaysia.

Setelah kasus penganiayaan TKI Siti Hajar oleh majikannya, seorang TKI asal Ngawi, Jawa Timur, Nurul Widayanti belum lama ini dilaporkan tewas bunuh diri di tempatnya bekerja di Selangor, Malaysia. Pihak keluarga tak yakin Nurul bunuh diri. Saat ini jenazah Nurul masih berada di Rumah Sakit Kajang, Selangor.

Ratusan tenaga kerja Indonesia (TKI) yang dipulangkan paksa dari Malaysia tiba di Pelabuhan Bintan Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Sabtu (24/10). Mereka yang datang tak semuanya tenaga kerja ilegal. Data imigrasi Pelabuhan Bintan menunjukkan, sejak Desember 2008 sedikitnya 28 ribu buruh migran dipulangkan. Inilah salah satu ujian awal bagi Muhaimin Iskandar yang menduduki pos baru sebagai Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Terutama, masalah TKI ilegal dan penyiksaan yang kerap menimpa para pahlawan devisa tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

 

mini blog Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template