Rabu, 04 November 2009

RINGKASAN SEJARAH INDONESIA


Sejarah Indonesia
                Indonesia telah berdiri sejak dulu kala, Negara yang kaya akan Sumber Daya Alam, dan beragam kebudayaan. Ketika para penjajah datang dan menduduki Indonesia kita, hampir semua keindahan itu musnah. Sumber Daya Alam kita di babat habis, dan kita tidak dibiarkan hidup sejahtera.
          Penjajah yang pertama kali menduduki Indonesia adalah Belanda. Dengan Sistem Tanam Paksanya (RODI), mereka berhasil membuat rakyat Indonesia menjadi menderita. Mereka mengambil alih hasil kebun dan sawah kita, tanpa memperduikan nasib kita. Itu semua berlangsung selama ± 3,5 abad (350 tahun), selama itu rakyat Indonesia menahan semua penderitaan tersebut.
          Lalu, penjajah yang datang berikutnya adalah penjajah dari Jepang. Jika Belanda menamakan Sisem Kerja Paksa dengan nama “RODI”, Jepang menamakan Sistem Kerja Paksanya dengan nama “ROMUSHA”. Pada masa Jepang, Indonesia lebih tersiksa karena, penyiksaan yang dilakukan oleh penjajah Jepang sangatlah kejam. Mereka membujuk rakyat Indonesia dengan akal bulus yang sangat licik. Mereka mengaku akan membebaskan rakyat Indonesia dari silsaan Belanda namun, justru mereka yang balik menyiksa kita. Mereka menjajah Indoesia selama ± 3,5 tahun.
          Lama-kelamaan rakyat Indonesia tidak dapat menahan semua penyiksaan tersebut. Lalu, para pahlawan yang kita kenal sekarang melakukan penyerangan. Ketika mereka telah berhasil merebut Indonesia, tetapi Indonesia belum juga Merdeka. Lalu para pemuda Indonesia berinisiatif untuk memksa Ir. Soekarno meresmikan kemerdekaan Indonesia dengan membuat teks Proklamasi. Lalu, di rumah Ir. Soekarno tepatnya berada di jalan Pengangsaan Timur no. ( ), Ir. Soekarno didampingi oleh Moh. Hatta membacakan teks Proklamasi da dilanjutkan dengan acara pengibaran bendera merah putih.
          Dari sanalah berawal kemerdekaan Indonesia. Namun, pada zaman yang modern seperti ini, Indonesia masih dijajah melalui ekonomi. Contohnya, nilai mata uang Indonesia (Rp) lebih rendah daripada nilai mata uang USA (Dollar). Sehingga di Indonesia mengalami kenaikan harga di mana-mana. Kenaikan harga sembako, BBM, dll. Di jajah melalui kebudayaan contohnya, sekarang ini ada beberapa macam kesenian dari kebudayaan kita yang telah diambil oleh Negara lain. Yang diakui itu milik Negara terseut, padahal itu semua adalah milik kita sendiri sebagai rakyat Indonesia.
          Namun kita juga harus bangga, dengan adanya peresmian batik dari Indoesia sebagai warisan dunia. Wow, it’s so wonderful… Mulai sekarang, kita harus bisa mempertahankan Indonesia kita, apalagi sekarang ini adalah zaman modern. Pastinya, harus lebih mudah lagi, jangan seperti dulu ! OK !!!


by : mir'atul khairiah
                                                                                                

0 komentar:

Poskan Komentar

 

mini blog Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template